Langsung ke konten utama

Belanja Make Up & Skincare Tanpa Bangkrut? Bisa!!


 
cnbc.com
Hillaw beeebss! Ilang mulu ya aku dari dunia per-blogging-an hehe
Maap banget karena sebulan kemarin aku kerja dan postingan tentang pensil alisnya Catrice aku buat pas lagi agak selo di kantor hehe :3
Karena belum ada barang yang bisa aku review, aku mau berbagi tips dulu saja ya tentang kesukaan semua wanita, yaitu *jengjengjenggg* belanja make up dan skincareeee
Rasanya bohong banget kalo ciwi-ciwi jaman now gak tergiur tiap ada review produk kecantikan baru, atau para beauty blogger akhirnya me-review produk yang pengen dicoba tapi kalian masih ragu-ragu. Atau kayak aku yang masih bereksplorasi nyoba beberapa produk yang bisa cucok sama keadaan kulit. Rasanya pengen belanja kosmetik mulu kan yaaa wkwkwk aku paham kok aku paham~~
Nah, karena belanja bisa bikin gelap mata dan tau-tau di kasir jumlah belanjaan bikin mata melotot, aku mau berbagi tips yang aku lakukan pas belanja make up atau skincare supaya tetap logis dan on track! Apalah artinya belanja dengan bonus rasa kecewa *eaaaaa

veganfoodandliving.com
Pertama-tama dan yang sangat klasik ialah tentukan budget-mu. Misalnya, untuk belanja make up dan/atau skincare, kamu menyisihkan Rp 200 ribu per bulan and you should stick on that! Kalo bulan ini ternyata cuma ngabisin Rp 150 ribu, ya udah 50 ribunya disimpen buat bulan depan and so on. Tapi, bulan depan ya budget-nya harus tetap Rp 200 ribu ya bebs! Jangan gelap mata mentang-mentang ada sisa bulan lalu terus belanjanya kalap wkwkwk~~ budget bisa kamu tingkatin sendiri, misalnya karena pendapatanmu bertambah atau kamu butuh skincare atau make up yang kualitasnya lebih daripada yang udah kamu coba. Like what I recently did, aku coba ganti pembersih dari Sariayu ke Nacific karena fungsi Nacific lebih keliatan dan memuaskan heuheu~

bluemaize.net
Kalo kamu memutuskan untuk selalu belanja on budget, don’t underestimate the power of drugstore cosmetics or “the outcasted”. Drugstore cosmetics nggak seburuk itu lho bebs! Walaupun harganya bikin mata kalian belo karena murah bangawwww, tapi kualitas dan hasil akhirnya nggak kalah sama produk bermerek terkenal. Produk drugstore cosmetics juga sering jadi dupe produk-produk premium dan hasilnya nggak KW bebs! Drugstore cosmetics brand yang aku suka misalnya Catrice (luph bangawww), Barry M, Essence, dan Mineral Botanica.
roromendutskin.com
Selain drugstore cosmetics, merek-merek yang “outcasted” juga bisa banget kamu andalkan. Yang aku maksud “outcasted” itu merek-merek yang namanya jarang kedengeran, jarang di-review para beauty blogger besar, atau saking ada di mana-mana terus jadi taken for granted. Produk-produk itu biasanya aku pake buat body care dan masker, misalnya Sariayu, Purbasari body care, dan Roro Mendut. Karena aku tinggal di Jogja, aku sering nemu produk-produk “ajaib” di Mirota Batik. Menurutku karena body care yang dijual di sana, kayak masker, lulur, dan ratusnya cenderung tradisional (full of herbs and damn good!!), jadi aku percaya diolahnya secara tradisional dan pastinya cruelty-free! Wkwkwkwk~ aku sering beli lulur bubuk kuning pengantin. Wanginya semerbak enak banget bebs! Biasanya seplastik bisa buat 5 kali lulur. Asyik kaaan~~

colourpop.com
Cara yang perlu kehati-hatian dan kemantapan hati ialah investasi. Investasi sama stocking beda lho ya bebs~ maksudku investasi ialah kamu beli produk branded yang review-nya oke punya dan harganya sesuai sama kualitasnya. Karena apa? Biasanya produk-produk dengan harga selangit pun gak perlu pemakaian yang banyak. Misalnya, dulu pas aku belom convert ke cruelty-free beauty, aku beli foundie-nya Lancome yang seharga seperempat uang jajanku. Tapi, foundie itu bekerja secara ajaib! Cuma dikasih dikit di muka, tahi lalat di muka ketutup dan finishing-nya sangat indah kayak lukisan bayi malaikat *angelic SFX* or I recently bought Kathleen Lights x Colourpop The Zodiac shadow palette berisi 12 warna yang cantik-cantik, wearable, dan gampang di-blend. Seumur-umur baru pas beli si doi aku ngabisin lebih dari Rp 200 ribu HANYA untuk satu buah eyeshadow palette. Tapi, pas dipake, wooooowww warnanya keluar abis bebs! Gak perlu ngambil banyak powder dari wadahnya, kelopak mataku udah ganti warna. Jadi, kalo kalian mau berinvestasi di produk make up atau skincare ya gapapa bebs! Mungkin agak nyesel pas keluar dari konter, tapi kualitas produk branded gak mengkhianati harganya. Pake dikit, udah nunjukkin fungsinya. Jadi bisa dipake sampe berbulan-bulan bebs! Tapi tetap aturan nomor satu diinget yakkk~

youtube.com
Dan yang perlu diingat juga adalaaah jangan gampang tergiur sama review positif kalo sebenernya kalian gak perlu-perlu banget! Gini ya bebs. Para beauty blogger/guru/vlogger itu emang kerjanya begitu, nge-review produk, promosiin, dan ngasih tutorial lalala dududu. Jadi, kalo produk mereka kayaknya ganti mulu dan mereknya bukan kaleng-kaleng, itu adalah bagian dari pekerjaan mereka sayangs~ review positif dan jujur bukan berarti kamu HARUS beli produk itu. Review hanya sebagai acuan supaya kamu bisa menimbang-nimbang atau memantapkan pilihan. Jadi, sebaiknya belanjalah sesuai kebutuhan. Jangan cuma ikut-ikut trend atau karena para beauty blogger rame-rame ngasih review positif terhadap suatu produk yang sebenernya kamu kurang butuh. 

shopee.com
Atau kalo masih ragu-ragu sama suatu produk, coba beli versi share in jar-nya buat ngetes. Gak bakalan rugi sih menurutku. Kalopun ternyata produk itu nggak cocok, kan bisa dijual muuurceee atau dikasih ke temen/ibu/tante. Aku pernah beli share in jar-nya toner Skin1004 Madagascar Centella Asiatica yang tersohor itu karena mau ngilangin bekas jerawat. Pas itu aku lagi on budget dan mau coba dulu apakah memang segitu kerennya kayak di review. Bisa dibilang nggak mengecewakan, tapi buat beli full size-nya aku harus tabung dulu hehe~

Nahhh kira-kira itu yang bisa aku bagikan bebs! Emang basic banget sih tipsnya dan aku gak menyarankan belanja pas diskon atau cari promo buat belanja. Bagus sih itu, cuma bisa bikin gelap mata juga :3 misalnya, diskon Rp 150 ribu tapi harus belanja minimal Rp 500 ribu. Barang-barang yang nggak begitu dibutuhkan jadi dibeli biar totalnya jadi Rp 500 ribu dan setelah diskon cuma bayar Rp 350 ribu. Iya kalo lagi bener-bener butuh, kalo enggak? Hm hm hm~
Intinya bebs, sebelom belanja make up atau skincare, tentuin dulu produk mana yang urgent untuk dibeli yang sesuai dengan skin concern-mu dan stay on track with your budget! Apalagi kalo bebebs belom stabil secara finansial kayak aku :3 wkwkwkk~
Semoga berguna ya postingan ini~~~

Luuuphhhh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

A Good Start

Halo! Sebelum nulis macem-macem di post selanjutnya, ada baiknya perkenalan dulu kan hehe Aku lahir dengan nama yang cukup panjang: Lidwina Chastity Maya Yulita *hosh hosh* atau mungkin ada yang dikasih nama lebih panjang sama ortunya? Gapapa, nama adalah doa bebsss~ Biasanya orang manggil aku Maya. Tapi karena jaman sekarang orang suka nyingkat-nyingkat nama orang (padahal nama eke udah cuma 2 suku kata aja lho), akhirnya ya udah panggil aja aku Mae. Dipanggil Mae aku pasti noleh kok :3 Saat ini aku tinggal di Jogja dan udah di kota pelajar ini sekitar 11 tahun. Yup, aku pindah dari Kalimantan ke Jogja sejak SMA. Sejak itu aku nggak pernah ninggalin Jogja lebih dari 6 bulan. Cinta banget 'kan sama kota ini hoho~ Aku mulai suka make-up sejak SMA karena pengaruh teman-teman. Sekolahku dulu cewek semua (bisa ditebak 'kan yang mana wkwkwk) dan ditambah aku tinggal di asrama. Sejak itu muncul benih-benih pengetahuan perdandananku *angelic SFX* tapi ya namanya anak SMA t

Makeup buat Online Meeting

Hello bebz! Semoga sehat selalu ya~ Masih di edisi WFH, di blogpost kali ini aku mau bahas sesuai dengan judulnya :3 Walaupun kangen sama kantor, tapi kegiatan tatap muka belom bisa terlaksana seenggaknya sampe Oktober. Kemarin sih aku sempet dapet jadwal piket ngantor, tapi belom bisa diaktifkan mengingat kondisi juga masih kayak gini. Jadi, mau gak mau harus mau kalo meeting lewat berbagai aplikasi online meeting .  Tapi, walaupun gak tatap muka langsung, buat online meeting juga tetep dandan donk. Biar gak dikira belom mandi :p hahahahaa Menurutku pribadi sih dandan itu lebih ke menghormati yang mengundang. Dengan tampil rapi & cantik, kelihatanlah niat kita buat memenuhi undangan.  Selama beberapa kali ikut online meeting , aku selalu dandan agak "tebal" daripada biasanya karena kalo aku gak dandan kelihatan kucel (wkwkwk), tapi kalo dandan tipis aja, mukaku di layar handphone atau laptop kelihatan nggak berkontur dan pucet. Nah bingung kan? Jadi, untuk on

Beauty Blender for Beginner + review dikit

sumber: fimela.com Beauty blender , siapakah kamu?? Jaman sekarang aku rasa semua make-up enthusiast baik yang pemula maupun yang udah jago tingkat nasional udah nggak asing sama benda imut nan krusial ini. Hampir semua (hampir lho ya) mbak-mbak cantik di video tutorial dandan menggunakan beauty blender untuk meratakan foundation, concealer, dan/atau color corrector . Tapi, mesti masih ada misteri-misteri tentang si kecil ini yang belom terungkap *SFX horor* Oke deh kalau begitu biar gak kelamaan, di tulisan yang semoga berguna ini aku mau berbagi pengetahuan dan eksplorasiku terhadap beauty blender . Pertama-tama, marilah kita panjatkan syukur ke hadirat Tuhan beauty blender itu sebenernya nama perusahaan yang memproduksi spons sebagai aplikator make-up . Namanya ya sama, tapi ditulis tanpa spasi. Jadi, namanya ialah: beautyblender . Karena nge- hype dan mendapat respons yang positif, beberapa brand kemudian memproduksi spons ini dengan variasi mereka sendiri. Nah, karena na