Langsung ke konten utama

WFH Skincare Routine

Hellow bebsss! Sehat 'kan? 
Kehidupan di masa pandemi emang serba mengejutkan dan butuh kreativitas biar gak bosen selama #dirumahaja. Dari yang awalnya pergi mulu ke kantor/kampus, sekarang jadi ngerjain semuanya di rumah. Beberapa orang udah masuk kerja lagi, tapi dengan protokol kesehatan yang harus ditaati. Kehdiupan jadi beda banget! Biasanya main ke tempat tetangga sampe masuk rumah, sekarang cuma boleh sebatas teras. Mau kumpul juga masih mikir-mikir. 
And recently, protokol new normal! Bawa alat makan sendiri, bawa hand sanitzer, ganti baju dan langsung mandi tiap habis pergi, bahkan yang agak ekstrem nahan diri dulu dari beli makanan di luar. Kalo kalian merasakan masa SMA sekitar tahun 2009, mungkin pernah ngikuti trend bawa hand sanitizer yang digantung di ritseliting tas. Sampe-sampe toko aksesoris jualin tempat hand sanitizer dari karet dengan berbagai gambar karakter. Tapi, saat itu ya botol hand sanitizer kecil cuma bagian dari trend aksesoris pemanis ransel sekolah. Walaupuuuun beberapa emang menggunakannya sesuai dengan fungsinya. 
Mulai akhir Maret sampe sekarang ini, aku kerja dari rumah alias work from home (WFH) karena pekerjaanku yang primernya adalah bertatap muka dengan banyak orang di satu ruangan. 'kan berisiko banget kalo tetep dilakukan. Jadi, aku harus WFH sampe kira-kira akhir tahun 2020. Lama banget ya... semoga pandemi ini segera berakhir *amiiiin
Walaupun frekuensiku keluar rumah dan ketemu orang berkurang sangat drastis, skincare routine-ku nggak berkurang sama sekali. Justru karena lebih sering di rumah, aku jadi punya lebih banyak waktu buat ngamati kulit dan bentuk wajahku. Misalnya, aku jadi ngeh kalo bentuk bibirku gak simetris dan harus diakali biar gak keliatan beda sebelah pas pake lipstik.
Walau hampir gak pernah ketemu orang luar rumah, skincare routine-ku tetep sama kayak hari biasanya. Yak, aku sangat setuju kalo kulit harus dirawat tiap hari walaupun gak ketemu siapa-siapa. Mending rutin dirawat dari sekarang daripada telat dan baru "dibayar belakangan" kan bebs~

Buat urusan skincare, aku penganut 7 steps skincare routine. Tapi, tiap seminggu sekali jadi 9 steps karena ditambah exfoliating sama pake masker. Karena steps-nya banyak, aku milih malem sebagai waktu buat pake skincare. Selain itu, I have a belief that those products will work better while I'm sleeping karena aku gak pegang-pegang muka atau beraktivitas yang bikin aku keringetan. Kalo pagi biasanya aku pake moisturizer aja.
Okeeee, tanpa membuang waktu, aku jabarin aja produk skincare yang aku pake selama WFH~~

First thing first, prep the skin!
Sebenernya, buat bersihin muka aku lebih sering pake micellar water. Tapi, karena pas itu micellar water-nya Wardah yang biasa aku pake lagi kosong, akhirnya aku kembali ke selera awal, yaitu pake cleansing milk. Aku coba pake Wardah White Secret pure brightening cleanser dan hasilnya nggak ngecewain! Gak perlu banyak pake produknya, sisa kotoran di muka dan makeup udah keangkat. Efek brightening-nya belum kerasa karena ini kali pertama banget aku coba. Cuma, yang udah kerasa adalah kulitku jadi lebih bersih aja dan gak repot harus berkali-kali pake ini.
Habis pake cleanser, aku pake toner-nya Avoskin yang miraculous refining toner. Ada yang bilang toner ini dipakenya cukup dua kali seminggu atau paling banyak tiap dua hari sekali karena kandungan AHA-BHA-nya yang bekerja sebagai exfoliator. Tapi, aku pake ini tiap hari juga gak ada masalah. Jadi, aku pake tiap hari aja, tapi dikitttt dan aku tepuk-tepukin di muka aja, gak di-swipe kayak pake cleanser. Ini juga toner pertamaku dan aku sangat nyaman dengan ini. Btw, kalian ngerasa gak sih kalo produk lokal kualitasnya semakin bagus?

Usir kulit mati then mask it on
 Ini produk skincare yang aku masukin ke weekly routine karena exfoliating sama pake masker gak boleh sering-sering kan~
Untuk exfoliator, sekarang aku lagi pake punya St. Ives varian pink lemon & mandarin orange. Sebenernya, produk ini kebeli karena kesalahanku. Aku gak lihat tulisan "scrub" di kemasan produk, padahal tulisan itu terpampang nyata dan besarrrr! Aku kira itu masker dan ya udah aku beli aja buat dipake gantian sama masker jerawat. Pas sampe rumah, baru nyadar kalo itu scrub! Hahahahahaa! Tapi aku gak rugi sih, karena kebetulan exfoliator-ku juga udah hampir habis dan scrub ini emang bagus! Butiran scrub-nya nggak nyakitin kulit dan bikin kulit kerasa ringan.
Habis exfoliating, aku gak langsung maskeran. Aku pake essence dan eye serum dulu, baru ditutup sama masker. Kok gitu? Karena, once again, aku punya keyakinan kalo skincare tu harus produk yang meresap ke dalem kulit dulu yang dipake, baru produk yang berfungsi di permukaan kulit.
Buat masker, aku pake masker jerawatnya Sariayu. Jerawatku musiman banget datengnya, jadi aku butuh masker yang gak begitu keras, tapi berfungsi. Karena aku cocok sama produknya Sariayu, jadilah aku pake masker jerawat ini. Kalo jerawatku gak parah, masker ini aku pake di bagian wajah yang kena jerawat dan bagian wajah lainnya pake masker lainnya, misalnya charcoal mask-nya Mineral Botanica buat bersihin pori-pori.

Boost the skincare products, pake HTE ajah
 Satu lagi dari Avoskin! Buat booster produk skincare yang dipake selanjutnya, aku pake hydrating treatment essence ini. Semprot-semprot-semprot, trus ditepuk pelan-pelan di kulit wajah dan leher. Essence ini adem banget pas kena wajah! Ini bisa juga disemprot ke muka di sela-sela beraktivitas biar seger gitu bebs.
Aku mulai suka produknya Avoskin karena selama pemakaiannya, aku gak pernah nemu masalah atau gak cocok sama kandungan produknya. Harganya juga setimpal sama hasilnya, jadi aku gak ngerasa rugi.
Faktor lain yang bikin aku suka sama Avoskin adalah lokasi pabriknya. Avoskin adalah produk dari Jogja, jadi lebih gampang ditemukan di beauty store. Kalopun gak ada di toko, pesen dari e-commerce juga lebih cepet nyampenya hahahahaa... ya, soalnya aku orangnya sangat tidak sabarrr! Kalo habis transfer total belanjaan, maunya besok udah nyampe aja barangnya :p

Essence is essential!
 Essence dari Benton ini udah jadi kecintaanku sejak aku bruntusan pas pake serum. Emang sih snail bee ini gak ada klaim bisa ngerontokin bruntusan, tapi aku yakin aja bisa and it happens! Dulu aku berjuang ngilangin bruntusan yang aku dapetin habis dandan di salon buat wisuda. Sempet pake serum niacinamide, tapi malah semakin parahhhh! Aku jadi takut pake serum dan mau cari pengganti produk dengan kekuatan yang hampir sama kayak serum buat benerin bruntusanku.
Aku iseng aja pake produk ini dan berhasil! Bruntusan dari dandan di salon itu udah musnah dan bonusnya, kulitku jadi lebih kenyal dan kelihatan lebih hydrated.
Ini udah botol kedua dan akan aku terusin. I recently think I'll use face serum again when I'm 30 dan fokusku adalah ke anti-aging. Untuk sekarang, essence ini udah sangat cukup menjawab kebutuhan kulitku :)


Shoo-shoo away dark circles~
 Dark circles adalah concern kedua mukaku sejak aku melek skincare. Dulu pas masih kuliah, aku hobi banget begadang bikin paper sambil minum kopi atau hot chocolate atau teh tarik. Begadangku parah banget! Bahkan pas acara TV Dangdut Academy udah selesai, aku masih melek :p udah begadang sampe jam segitu, minim minum air putih, jadilah aku punya mata panda.
Awalnya, mata panda itu aku akali pake full coverage foundation dan concealer. Tapi, aku mulai mikir kalo mata panda itu bisa dihilangin malah lebih baik. Jadilah aku mulai pake eye cream.
Produk yang lagi aku pake sekarang adalah LT Pro anti age eye serum. Aku suka produk ini karena ada roll-on sebagai aplikatornya. Jadi, ada sensasi dipijet yang bikin aliran darah di bawah mata jadi lancar. Selain itu, aplikator itu bisa buat massage biar mataku kelihatan "naik" dan kencang. Biasanya, aku pake produk ini sampe ke bagian tulang alis biar bagian itu kena skincare juga.

 Seal them up pake moisturizer / sleeping mask!

 Setelah pake produk skincare yang bekerja di bawah kulit, saatnya "menyegel" mereka pake produk di atas permukaan kulit!
Kedua produk ini aku pake bergantian alias dua hari sekali. Kalo aku pake moisturizer, langkah selanjutnya adalah pake obat jerawat dari Sariayu yang pernah aku review di blog ini juga. Tapi, kalo pas harinya aku pake sleeping mask, itu jadi produk terakhir yang aku pake di skincare routine.
Sekarang aku lagi pake sleeping mask-nya Lacoco yang tersohor itu. Teksturnya ringan banget dan gak shining walau doi berbentuk gel dan mengklaim bisa bikin wajah jadi glowing.
Soal glowing-nya, aku belom kerasa sih. Yang udah kerasa justru kulit wajahku jadi lebih kenyal! Lumayan~



Bonus! Take care of the inside too
 Ini adalah buah indah dari WFH karena aku dapet pencerahan bahwa kalo hasil perawatan kulit mau lebih oke, perawatan dari dalam juga perlu. Tapi, dasar Mae manja, aku gak suka nelan obat atau vitamin yang berbentuk pil atau tablet atau kaplet atau kapsul. Trus kalo aku sakit gimana? Hehehe pil/tabletnya aku gerus trus dicairin trus aku telan pake air. Kalo obatnya kapsul? Ya isinya aku keluarin :3
Karena aku gak mau repot soal beauty, akhirnya aku cari alternatif lain penunjang skincare dari dalam yang gak berbentuk "obat". Pas lagi scrolling feed Instagram, aku nemu akunnya Harvest Mountain yang jualan teh dari bunga kering dan edible flowers. Dulu, bapakku bawain oleh-oleh teh bunga habis dinas ke China. Teh itu manfaatnya banyak banget, tapi yang paling menonjol adalah antioksidan dan bikin awet mudanya.
Gak pake mikir panjang, aku hubungi seller dan aku dikirimi varian teh bunga keringnya yang banyak dan menggiurkan semua. Tapi, akhirnya aku memilih teh dari bunga forget me not yang bermanfaat merawat kesehatan kulit, rambut, dan mempercepat proses metabolisme tubuh. Pas banget sama kepengenanku! Aku ngonsumsi teh ini udah hampir dua minggu. Hasilnya? Kulit tubuhku berangsur-angsur hydrated karena biasanya kering. Di kulit wajah belum terlalu kerasa, but somehow I believe teh ini membantu kerja produk skincare yang aku pake.

Nahhh itu tadi skincare routine-ku selama WFH. Gak banyak perubahan dari skincare routine sebelum WFH, cuma aku tambah teh bunga aja buat jadi inside booster.
Anyway, this blog post is the part of my submission to @beautiesquad's June collab edition. If you need more WFH skincare routine inspo, make sure to visit Vida Zenitha's awesome blog ya! Dia juga ikutan collab ini dan siapa tau kalian juga dapet pencerahan <3
Akhir kata, semoga tulisan ini bermanfaat beps! Stay safe, stay healthy, and stay beautiful as well!

https://www.instagram.com/beautiesquad/
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

A Good Start

Halo! Sebelum nulis macem-macem di post selanjutnya, ada baiknya perkenalan dulu kan hehe Aku lahir dengan nama yang cukup panjang: Lidwina Chastity Maya Yulita *hosh hosh* atau mungkin ada yang dikasih nama lebih panjang sama ortunya? Gapapa, nama adalah doa bebsss~ Biasanya orang manggil aku Maya. Tapi karena jaman sekarang orang suka nyingkat-nyingkat nama orang (padahal nama eke udah cuma 2 suku kata aja lho), akhirnya ya udah panggil aja aku Mae. Dipanggil Mae aku pasti noleh kok :3 Saat ini aku tinggal di Jogja dan udah di kota pelajar ini sekitar 11 tahun. Yup, aku pindah dari Kalimantan ke Jogja sejak SMA. Sejak itu aku nggak pernah ninggalin Jogja lebih dari 6 bulan. Cinta banget 'kan sama kota ini hoho~ Aku mulai suka make-up sejak SMA karena pengaruh teman-teman. Sekolahku dulu cewek semua (bisa ditebak 'kan yang mana wkwkwk) dan ditambah aku tinggal di asrama. Sejak itu muncul benih-benih pengetahuan perdandananku *angelic SFX* tapi ya namanya anak SMA t

Makeup buat Online Meeting

Hello bebz! Semoga sehat selalu ya~ Masih di edisi WFH, di blogpost kali ini aku mau bahas sesuai dengan judulnya :3 Walaupun kangen sama kantor, tapi kegiatan tatap muka belom bisa terlaksana seenggaknya sampe Oktober. Kemarin sih aku sempet dapet jadwal piket ngantor, tapi belom bisa diaktifkan mengingat kondisi juga masih kayak gini. Jadi, mau gak mau harus mau kalo meeting lewat berbagai aplikasi online meeting .  Tapi, walaupun gak tatap muka langsung, buat online meeting juga tetep dandan donk. Biar gak dikira belom mandi :p hahahahaa Menurutku pribadi sih dandan itu lebih ke menghormati yang mengundang. Dengan tampil rapi & cantik, kelihatanlah niat kita buat memenuhi undangan.  Selama beberapa kali ikut online meeting , aku selalu dandan agak "tebal" daripada biasanya karena kalo aku gak dandan kelihatan kucel (wkwkwk), tapi kalo dandan tipis aja, mukaku di layar handphone atau laptop kelihatan nggak berkontur dan pucet. Nah bingung kan? Jadi, untuk on

Beauty Blender for Beginner + review dikit

sumber: fimela.com Beauty blender , siapakah kamu?? Jaman sekarang aku rasa semua make-up enthusiast baik yang pemula maupun yang udah jago tingkat nasional udah nggak asing sama benda imut nan krusial ini. Hampir semua (hampir lho ya) mbak-mbak cantik di video tutorial dandan menggunakan beauty blender untuk meratakan foundation, concealer, dan/atau color corrector . Tapi, mesti masih ada misteri-misteri tentang si kecil ini yang belom terungkap *SFX horor* Oke deh kalau begitu biar gak kelamaan, di tulisan yang semoga berguna ini aku mau berbagi pengetahuan dan eksplorasiku terhadap beauty blender . Pertama-tama, marilah kita panjatkan syukur ke hadirat Tuhan beauty blender itu sebenernya nama perusahaan yang memproduksi spons sebagai aplikator make-up . Namanya ya sama, tapi ditulis tanpa spasi. Jadi, namanya ialah: beautyblender . Karena nge- hype dan mendapat respons yang positif, beberapa brand kemudian memproduksi spons ini dengan variasi mereka sendiri. Nah, karena na