Langsung ke konten utama

Bruntusan Story: Apa itu bruntusan & how to shoo-shoo away!

BRUNTUSANNN!!! Satu kata yang jadi nightmare buat ciwik-ciwik dan selalu amit-amit terjadi, apalagi kalo mau wisuda atau kondangan. Emang rombongan jerawat kecil-kecil ini bisa banget mematahkan hati para perempuan, lebih daripada si doi yang janji mau setia tapi habis sukses dikit terus meleng *hasyahhh
Bruntusan emang ngeselin bebs~ tidak ada yang tidak benci sama si kecil yang beraninya dateng keroyokan ini. Walaupun mungkin mereka muncul di area wajah yang nggak langsung kelihatan, misalnya kayak bruntusanku nih muncul di pipi deket telinga, tetep aja rasanya annoying. Rasanya tuh kayak semua orang bisa lihat dan tau berapa biji yang muncul :v apalagi kalo bruntusannya ditambah gatel. Wadawwww padahal kalo bruntusan digaruk malah jadi tambah parah bebs! 

sumber: beautynesia.id
Sebelum gatel mau beli bermacam-macam produk buat menyembuhkan wajah dari si bruntus, ada baiknya tau dulu apa itu bruntusan dan penyebab munculnya bebs. 
Jadi gini *belom-belom udah jadi *gimana sih *heuh* bruntusan itu gampangnya ialah titik-titik kecil yang muncul di area wajah. Biasanya sih di dahi, pipi, atau dagu. Bruntusan warnanya agak kemerahan dan bisa diikuti dengan rasa gatal. Ukuran bruntusan lebih kecil daripada jerawat dan teksturnya agak keras. Jerawat 'kan masih agak kenyal-kenyal jeli gitu, tapi bruntusan enggak. Sepanjang pengetahuanku, bruntusan nggak bisa "matang" kayak jerawat. Jadi ngebasminya juga butuh kesabaran bebsss~ sekelas Kendall Jenner aja ada momen breakout, tapi dengan kesabaran dan disiplin *wuidiiiih* pasti bruntusan bisa musnaaahhh~~

Penyebab umum bruntusan ialah adanya kotoran, bakteri, atau partikel-partikel mikro yang terjebak di dalam pori-pori wajah. Misalnya pas naik motor, kulit terpapar polusi dan polusi itu masuk ke pori-pori wajah. Bisa juga karena sarung bantal, layar HP, dan helm kotor dan kena kulit wajah terus. Akhirnya numpuk deh kotorannya. Nah, kalo penyebab khususnya bisa macem-macem bebs~
Pas masa-masa PMS atau lagi banyak pikiran, bruntusan bisa muncul dengan semena-mena di wajah. Itu karena hormon dalam tubuh berubah dan kulit wajahmu "menanggapi" dengan kedatangan pasukan bruntus. Personally, aku selalu bruntusan pas PMS. Kalo udah gitu ya terima nasib aja. Nanti habis selesai mens juga hilang kok heuheu~
Makanan atau minuman tertentu juga bisa jadi penyebabnya bebs. Misalnya tiap habis makan martabak, besoknya bruntusan, atau habis minum bubble tea terus sorenya bruntusan. Itu bisa karena kandungan zat kimia dalam makanan atau minuman itu nggak cocok sama tubuhmu.
 bruntusan sampe sebulan T.T
Menemukan produk kosmetik dan skincare yang cocok emang ibarat nyari jodoh. Dua-duanya harus saling cocok. Kalo nggak cocok ya berantem mulu atau ngalah mulu. Begitu juga relasi wajah sama produk kecantikan. Kalo nggak jodoh ya wajahmu bisa bereaksi kayak ada rasa terbakar, muncul kemerahan, atau bruntusan. Emang nyebelin sih kalo udah beli produk tapi akhirnya nggak kepake karena bikin wajah malah jadi tersiksa. Kayak yang terjadi sama aku nih! Aku bruntusan habis dandan di salon buat wisuda. Salonnya gak abal-abal kok, seriusan. Cuma ya produk yang dipakein ke aku nggak cocok sama kulitku. Ya sudah lah ya, yang penting pas wisuda aku cantik :3 bruntusnya bisa diilangin kok!
Jenis kulit berminyak emang bisa bikin wajah jadi gampang bruntusan aka acne-prone. Karena ini jenis kulit, jadi ya emang perlu perawatan ekstra supaya bruntusan nggak cepet muncul. Produk-produk kosmetik dan skincare yang mau dipake harus sesuai sama jenis kulit. Jenis makanan yang dikonsumsi juga sebaiknya makanan yang mengandung lemak sehat supaya produksi minyak nggak berlebihan dan bisa bikin bruntussss.

Udah tau penyebab mana yang bikin kamu bruntusan? Nah, langkah pertama yang harus dilakukan ialah melawan penyebabnya! Wkwkwk
Kalo bruntusan tapi kulit nggak berminyak, kosmetik juga cocok aja, atau kondisi mood normal, bisa jadi kamu harus ganti sarung bantal atau cuci helm. Kalo lagi motoran ya kaca helm ditutup biar wajah nggak terpapar langsung sama polusi di jalan. Makanan dan/atau minuman pengundang bruntusan juga sebaiknya di-skip atau cari penggantinya kalo emang lagi pengen. Gak cocok sama kosmetik atau skincare tertentu? Segera stop pemakaiannya bebs!! Seriusan. Jual aja atau kasih ke temen/sodara yang lebih cocok dan membutuhkan. Jangan sayang karena produknya mahal atau dapet review positif dari beauty blogger setingkat Tati sekalipun. Sensitivitas kulit orang beda-beda bebs! Relakan aja walau berat~~

Pas bruntusan mulai muncul, yaitu habis aku hapus make-up wisudaku, awalnya aku denial gitu. Mikirnya itu bruntus bekas masa PMS-mens. Soalnya mensku berhenti sehari sebelum wisuda. Eh ditunggu-tunggu, bruntus PMS ilang, tapi bruntus yang lain nggak mau musnah! Wah fix berarti aku nggak cocok sama produk kosmetik yang aku pake. Cukup annoyed sama bruntusan yang nggak cuma menyerang pipi (gambar di atas cuma satu area yang terserang T.T), aku mulai cari cara yang alami, murah, dan mudah buat membasmi genk bruntus. Awalnya aku bikin masker green tea + madu. Tapi karena tingkat kesabaranku pendek *whwhwh* akhirnya aku beli produk yang bisa merawat kulit berjerawat. Terus green tea sama madu yang terlanjur aku beli ya aku minum aja~
Tapi mohon maaf nih, pas aku nulis ini, bruntus PMS-ku bulan Mei baru muncul-munculnya. Jadi aku belom bisa ngasih foto wajah yang bersih dari bruntus yha~
Naaaah, karena aku menggunakan jalan yang lebih serius, yaitu jalur skincare, aku jadi ngerti urutan pake skincare hohoho... biasanya cuma pake pelembap terus udah. Ini dia yang aku seriusin demi mengusir bruntus-bruntus menyebalkannn~~

reviews.femaledaily.com

Facial Wash is a must!

Ini tahap dasar yang tidak boleh dilupakan ya bebs. Wajah harus dibersihkan pake sabun wajah, tapi jangan keseringan! Kalo keseringan, wajah malah bisa jadi semakin kering dan justru gak sehat bebs.
Aku pake Wardah seaweed balancing facial wash karena sabun ini lembut dan nggak meninggalkan kesan kering di wajah. Walaupun lembut, aku merasa kotoran di wajahku cukup terangkat. Aku nggak pake facial wash khusus perawatan jerawat karena selalu nggak cocok. Entah kenapa wajahku jadi kerasa kering dan flat. Jadi aku pake facial wash biasa, tapi dengan kemampuan membersihkan yang cukup baik.

tokopedia

Clean it well~

Habis dicuci pake sabun wajah, aku mengaplikasikan pembersih untuk memastikan bahwa wajahku sudah bersih dari kotoran yang menghambat pori-pori. Pembersih yang aku percayai sampe aku beli berkali-kali ialah Sariayu white aromatic warna biru yang untuk kulit normal-berminyak. Aku pake ini karena consistency-nya ringan di wajahku dan wanginya enak! Harganya juga murah bebs, gak nyampe 20 ribu. Wajahku jadi kerasa enak banget dan segarrrr kayak habis makan es jaipong :3


thebodyshop.com

Exfoliate for good

Eksfoliasi juga penting bebsss supaya kulit mati dan sisa-sisa minyak terangkat. Aku suka eksfoliasi karena bisa sambil mijit-mijit wajah perlahan. Biar peredaran darah lancar gitu~
Aku rutin eksfoliasi seminggu dua kali aja. Jangan keseringan juga ya bebs biar wajahmu nggak kering kurang nutrisi. Kasih waktu wajahmu buat bernapas dan membangun sel kulit baru.
Hehehe emang sih ini produknya nggak murah. Tapi efeknya waow banget. Wajah jadi kerasa ringan, cerah, dan kenyal. The Body Shop drops of youth liquid peel ini juga banyak yang jual preloved-nya dengan harga miring! Kayak aku yang dapet di Shopee seharga 100 ribu aja! Haibat~

tokopedia
Mask it babe!

Masker bisa ngasih nutrisi ke kulit secara lebih mendalam, mengangkat kotoran, dan menjaga kelembapan kulit. Kalo nggak bruntusan, aku pake masker jenis lain. Tapi gara-gara bruntuuusss ya aku harus pake masker yang bisa mengurangi bruntusan. Aku pake maskernya Calmskin yang aloe vera dan efeknya lumayan terlihat. Aku pake yang peel-off tapi pas ditarik nggak sakit sama sekali bebs! Cuma pas bagian yang kering banget harus aku basahin biar bersih. Maskeran sama eksfoliasi biasanya aku lakukan di hari yang sama karena keduanya gak baik dilakukan sering-sering.

tokopedia
Kasih serum juga donk~

Serum juga aku pake secara reguler. Tapi karena lagi bruntusan, aku pake serum yang bisa merawat kulit berjerawat. Serum berfungsi memberi nutrisi kulit ke bagian terdalam secara lebih cepat. Karena bebas minyak, serum bertekstur sangat ringan dan sebaiknya dipakai sebelum pelembap.
Mineral Botanica acne care serum aku pilih karena produk-produk mereka cukup ringan dan nggak pernah menimbulkan iritasi di kulitku. Asik deh pokoknya!



soco.id
Lembapin wajah jangan lupa yuhuuu

Udah puas sama wajah yang kerasa terhidrasi dengan serum? Jangan duluuu... karena kondisi wajah lagi perlu perawatan ekstra, kelembapan wajah harus terjaga juga supaya proses penyembuhannya lebih cepat dan wajah juga tetep kenyal. Jadi nggak cuma jerawat doank ilang, tapi juga tetep lembap sehat. Produk ini udah aku bahas di post tentang primer vs moisturizer dan udah juara banget jadi pelembap andalanque~




priceprice.com
Krim juga perlu hlo~

Habis ngurusi yang dalem-dalem jaringan kulit, saatnya ngurusin yang di luar! Krim punya efek menenangkan juga dan menyentuh bagian luar kulit and in this case ya si bruntus itu.
Aku pake night cream aja dari Mineral Botanica karena aku kurang suka kalo wajahku lengket-lengket creamy pas pagi-pagi. Jadi mending malem aja pas udah selesai mandi dan nggak pergi-pergi atau kalo habis pergi ya sebelum tidur. Kalo kalian gak masalah sama penggunaan day cream ya nggak apa-apa.




Extras kalo kulit wajahmu juga mengalami dehidrasi ....
Nah ini kondisi kulit wajah yang telat aku sadari, yaitu dehidrasi. Jadi ceritanya aku facial detox dan terapisnya bilang wajahku kering. Hah? Kering? Dari mana keringnya mbak, orang T-zone aja berminyak. Kadang pipi juga berminyak. Sambil nunggu facial selesai, aku mikir wajahku kering apa dehidrasi? Dan setelah aku tanya mbah google, ternyata kulit wajahku cocok sama ciri-ciri kulit dehidrasi *tepok jidat*
Ciri-ciri yang kerasa ialah warna kulit yang nggak sama (dahiku agak gelap), garis senyum membekas habis senyum (ya itu agak-agak emang), dan kulit bersisik (deket pipi sih di aku). Wadawsss kok baru sadar sih aku ya. Nah, untuk membetulkan kondisi wajah itu biar normal dan enak dilihat, pertama-tama aku banyakin minum air putih sebagai sumber hidrasi internal paling mudah. Terus aku pake produk tambahan untuk mengakali kondisi dehidrasi dari luar.

tokopedia
Face Oil boleh dipake banget!

Habis milih-milih cukup intens, aku milih face oil dari The Bath Box pure squalane untuk mengakali bagian wajah yang kering dan bersisik. Squalane adalah zat yang secara natural ada di tubuh kita. Tapi seiring bertambahnya umur, squalane berkurang dan bikin kulit kering juga kendor. Jadi pas nih untuk treatment kulit dehidrasi karena nggak nyumbat pori-pori juga.
Yang aku suka juga ialah bahwa The Bath Box menggunakan squalane yang bersumber dari tebu instead of hati ikan hiu. Jadi sangat sustainable dan nggak nyakitin hewan! Wooowyyy!
Ini biasanya aku pake pagi kalo nggak pergi-pergi. Kalo pas pergi, ini aku pake di bagian tubuh lain yang kering. Misalnya siku, lutut, punggung tangan, dan punggung kaki. Hasilnya emang kerasa banget, terutama di bagian siku yang biasanya kering dan pecah-pecah. Oiya, face oil ini juga bisa dipake di rambut.

shopee
Top it with spray essence

Setelah berempong-rempong dengan krim dan serum dan lain-lainnya, aku menutup rangkaian skincare dengan esens yang bisa disemprot. Aku pake Avoskin hydrating treatment essence yang lagi banyak dibicarain itu hahahaha
Menurut petunjuk di boksnya, esens ini bisa dipake 4-5 kali sehari atau pas wajah kerasa kering dan lelah. Efeknya, kulit jadi kenyal, terlihat sehat terhidrasi, dan lembuuuut~~ apalagi kalo dipake habis kepapar sinar matahari atau kelamaan natap layar laptop. Wuihhh seger bosss~ karena seger banget, aku pake harian dan kulitku jadi bahagia gitu *dih *tau dari mana wkwkwk

Ribet ya perawatan kulit berjerawat? Nggak juga sih bebs. Aku ngikutin langkah yang yah kira-kira 70% proper karena aku sangat terganggu sama bruntusan yang lama banget. Sebenernya bisa ditambah facial buat merawat kulit berjerawat, tapi bagian itu aku skip karena aku nggak begitu punya waktu buat tiduran lama di salon atau klinik kecantikan. Bosen bebs :p
Oh iya, nasihat lama supaya nggak megang-megang bagian jerawat emang mantul bebs! Karena apa? Tangan belom tentu bersih. Terus dari megang lama-lama jadi nggaruk. Wadawww jangan digaruk deh bebs! Bisa bahaya karena bikin iritasi dan kulit jadi luka. Tahan dulu tangannya yhaaa~ kalo mau ngecek perkembangan bruntusan, ya diliat aja pake kaca hehe

Luuuphhh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

A Good Start

Halo! Sebelum nulis macem-macem di post selanjutnya, ada baiknya perkenalan dulu kan hehe Aku lahir dengan nama yang cukup panjang: Lidwina Chastity Maya Yulita *hosh hosh* atau mungkin ada yang dikasih nama lebih panjang sama ortunya? Gapapa, nama adalah doa bebsss~ Biasanya orang manggil aku Maya. Tapi karena jaman sekarang orang suka nyingkat-nyingkat nama orang (padahal nama eke udah cuma 2 suku kata aja lho), akhirnya ya udah panggil aja aku Mae. Dipanggil Mae aku pasti noleh kok :3 Saat ini aku tinggal di Jogja dan udah di kota pelajar ini sekitar 11 tahun. Yup, aku pindah dari Kalimantan ke Jogja sejak SMA. Sejak itu aku nggak pernah ninggalin Jogja lebih dari 6 bulan. Cinta banget 'kan sama kota ini hoho~ Aku mulai suka make-up sejak SMA karena pengaruh teman-teman. Sekolahku dulu cewek semua (bisa ditebak 'kan yang mana wkwkwk) dan ditambah aku tinggal di asrama. Sejak itu muncul benih-benih pengetahuan perdandananku *angelic SFX* tapi ya namanya anak SMA t

Makeup buat Online Meeting

Hello bebz! Semoga sehat selalu ya~ Masih di edisi WFH, di blogpost kali ini aku mau bahas sesuai dengan judulnya :3 Walaupun kangen sama kantor, tapi kegiatan tatap muka belom bisa terlaksana seenggaknya sampe Oktober. Kemarin sih aku sempet dapet jadwal piket ngantor, tapi belom bisa diaktifkan mengingat kondisi juga masih kayak gini. Jadi, mau gak mau harus mau kalo meeting lewat berbagai aplikasi online meeting .  Tapi, walaupun gak tatap muka langsung, buat online meeting juga tetep dandan donk. Biar gak dikira belom mandi :p hahahahaa Menurutku pribadi sih dandan itu lebih ke menghormati yang mengundang. Dengan tampil rapi & cantik, kelihatanlah niat kita buat memenuhi undangan.  Selama beberapa kali ikut online meeting , aku selalu dandan agak "tebal" daripada biasanya karena kalo aku gak dandan kelihatan kucel (wkwkwk), tapi kalo dandan tipis aja, mukaku di layar handphone atau laptop kelihatan nggak berkontur dan pucet. Nah bingung kan? Jadi, untuk on

Beauty Blender for Beginner + review dikit

sumber: fimela.com Beauty blender , siapakah kamu?? Jaman sekarang aku rasa semua make-up enthusiast baik yang pemula maupun yang udah jago tingkat nasional udah nggak asing sama benda imut nan krusial ini. Hampir semua (hampir lho ya) mbak-mbak cantik di video tutorial dandan menggunakan beauty blender untuk meratakan foundation, concealer, dan/atau color corrector . Tapi, mesti masih ada misteri-misteri tentang si kecil ini yang belom terungkap *SFX horor* Oke deh kalau begitu biar gak kelamaan, di tulisan yang semoga berguna ini aku mau berbagi pengetahuan dan eksplorasiku terhadap beauty blender . Pertama-tama, marilah kita panjatkan syukur ke hadirat Tuhan beauty blender itu sebenernya nama perusahaan yang memproduksi spons sebagai aplikator make-up . Namanya ya sama, tapi ditulis tanpa spasi. Jadi, namanya ialah: beautyblender . Karena nge- hype dan mendapat respons yang positif, beberapa brand kemudian memproduksi spons ini dengan variasi mereka sendiri. Nah, karena na