Langsung ke konten utama

Primer vs Moisturizer?

Kalo nonton video tutorial make-up di instagram, kayaknya para mbak-mbak cantik ber-skill dewa itu pada pake bermacam produk sebelum menuju ke tahap membubuhkan foundation. Ada yang pake serum, ada yang pake primer, atau ada juga yang langsung pake color corrector. Buat tahap yang langsung pake color corrector, aku yakin mereka pake base entah primer atau pelembap (moisturizer) sebelum mulai kegiatan magisnya. Lah kok magis? Ya magis lah, habis ndemplok-ndemplok trus mukanya jadi glo up gitu wkwkwk

Naaah sebenernya primer dan pelembap itu dua hal yang bisa ditandingkan nggak sih? NO bebsss noooo... mereka punya fungsi masing-masing dan saling melengkapi, in fact. Dulu ketika aku masih lebih muda *ciyeeeh* aku nggak pake primer untuk alas foundation. Biasanya aku pake pelembap aja habis bersihin muka, trus pake foundation.  Tapi karena sekarang aku sudah semakin tua dan 4 tahun lagi akan menginjak usia kepala 3, perlahan tapi pasti aku mulai melengkapi step by step perawatan kulit wajah dan aplikasi make-up

Emang bener bahwa primer dan pelembap itu punya kegunaan sendiri. Primer berfungsi sebagai alas foundation biar dia nggak masuk ke kulit. Primer juga bisa membuat dandanan jadi halus, juga membantu membentuk finishing keseluruhan make-up. Misalnya, matte primer untuk kulit berminyak bisa menahan minyak dan memberi matte finish effect. Begitu juga dengan dewy primer yang ngasih efek glowing buat kulit kering. Tapiiiiii, primer nggak bisa menggantikan pelembap karena primer itu bagian dari make-up dan pelembap itu bagian dari skin care. Aku belom nemu sih primer yang mengklaim melembapkan dan menghidrasi kulit, tapi sebaiknya kedudukan pelembap jangan digantikan sama primer ya sis. 
Karena kulitku tergolong kombinasi (berminyak di T-zone, cenderung normal di bagian lain) dan aku paling ilfil kalo minyak mulai muncul habis aku pake make-up, aku pake primer yang memberikan matte finish. Ada tiga primer yang aku pakai bergantian sesuai keperluan dandan, mood, ramalan zodiak, primbon, weton *wkwkwk* ini sambil review dikit ya biar ada gambaran kalo kalian lagi cari primer matte yang ramah hewan :3


sumber: sociolla
1. Catrice Prime and Fine Pore Refining Anti-shine Base

Ini primer pertama setelah aku convert to cruelty-free beauty. Teksturnya ringan banget, nggak berbau, dan biasanya aku pake untuk sehari-hari atau kalo pergi tapi nggak seharian gitu. Ketahanannya aku kasih bintang 4 dari 5 bintang. Packaging-nya agak lebar tapi tipis, jadi nggak makan tempat kalo dibawa pergi.
Pas itu aku beli di online shop seharga Rp 80 ribuan. Tapi ternyata Catrice punya stand di Matahari. Kalo udah habis, pasti aku repurchase sih. Enak banget soalnya! 



sumber: Female Daily
2. Makeover Velvet Mattifying Primer

 Ini cocok banget dipake buat dandan yang pergi seharian gitu karena nahan minyaknya gils bats!
Teksturnya lebih padat daripada Catrice dan pori-poriku lumayan tersamarkan pas pake primer ini. Baunya agak gak enak sih, kayak bau bahan kimia tapi bukan bahan kimia berbahaya yg nusuk hidung gitu. Biasanya aku pake kalo pergi ke acara indoor yang lumayan lama atau kalo mood aja wkwkwk
Aku lupa pas itu belinya berapa harganya, kalo gak salah sih 100 ribuan. Ini aku pakenya dikit-dikit karena sayangggg huhu 



sumber: bukalapak
3. Beauty Story Primer Smooth and Luminous

Unyu-unyu banget ya packagingnya? Tapi primer ini bener-bener ngasih hasil kayak namanya lho! Halus dan bercahaya *wink* aku baru tau kalo Beauty Story tu local brand, habis tema packaging-nya sangat Korea wkwkwk
Teksturnya creamy dengan butiran mutiara yang bener-bener bikin wajah jadi berefek glowing sambil primer ini menyerap sebum. Wow banget kaaan... tapi karena ada mutiaranya itu, aku pakenya juga nggak buat daily use. Ya kadang pake sih, tergantung mood (lagi!) wkwkwk
Pas itu aku beli pas lagi ada diskon. Kalo gak salah primer ini jadi Rp 100ribuan gitu, tapi gak sampe Rp 150 ribu.


Nah terus gimana dengan pelembap, Mae??
Pelembap itu fungsinya ya melembapkan wajah wkwkwk
Pelembap sebaiknya nggak di-skip karena fungsinya yang bikin wajah jadi kelihatan lembap sehat dan sekaligus merawat wajah bebs~ pelembap dipake sebelum primer. Karena teksturnya creamy, sebaiknya tunggu beberapa saat sebelum ditimpa primer. Biar meresap dulu gituh~ pemakaian pelembap juga nggak hanya pas mau dandan. Pelembap bisa dipake habis mandi sebagai skin care rutin. Oh iya, pelembap juga sebagai perawatan biar wajah nggak dehidrasi. Semua jenis kulit bisa mengalami dehidrasi dan keadaan itu beda sama jenis kulit kering bebsss~ bedanya gini: dehidrasi tu keadaan, kulit kering itu bawaan. Wajah yang dehidrasi bisa bikin jerawat gampang tumbuh, kulit kusam, atau jadi sensitif. Makanya, pelembap jangan di-skip.
Tapi, pelembap bisa aja sih dipake gitu doank trus pake foundation. Tapi tergantung jenis kulit juga. Kalo kulit remaja mungkin belum begitu butuh primer karena aduhaaaaai masih muda masih mulus belom kena banyak dosa :3 

Buat pelembap, aku nggak pernah cerewet bereksperimen. Selalu aja yang dipake tu Sariayu moisturizer putih langsat. Tapi karena kulitku lagi bruntusan, aku pake Sariayu tinted moisturizer sebagai pengganti foundation biar dandananku nggak berat dan kulit masih napas. Kedua produk ini muuuuurrrceeeee bebssss~~ gak sampe Rp 50 ribu! Karena bahan-bahannya alami, aku makin syukaaa sama mereka. Bau dari produk-produknya juga nggak annoying dan sejauh ini cocok sama kulitku :3
Oh iya, buat yang tinted moisturizer aku aplikasikan pake beauty blender kayak pake foundation. Soalnya apa? Berwarna ciynnn... nggak lucu kalo blonteng-blonteng nggak rata ya kaaan... kalo yang moisturizer biasa ya aku aplikasikan pake tangan aja~
sumber: soco






sumber: shopee




head to head pelembap Sariayu *wuidiiih*


 

Jadi begitu ya bebsss... primer dan pelembap punya fungsi sendiri-sendiri dan nggak bisa ditandingin. Nggak apple to apple gitu kalo mau membandingkan mereka. Kalo aku pribadi, aku harus banget pake primer. Nggak bisa ditawar-tawar karena akibatnya fatalllll dan menyebalkannnn, yaitu bruntusan! Mungkin kulitku juga agak sensitif ya karena kalo langsung dikasih foundation tanpa primer atau langsung nemplokin bedak di atas primer, pasti bruntusan akan muncul secepat semut dapet gula. 

Semoga berguna dan enjoy your make-up bebsss~~


Luuuupphhh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

A Good Start

Halo! Sebelum nulis macem-macem di post selanjutnya, ada baiknya perkenalan dulu kan hehe Aku lahir dengan nama yang cukup panjang: Lidwina Chastity Maya Yulita *hosh hosh* atau mungkin ada yang dikasih nama lebih panjang sama ortunya? Gapapa, nama adalah doa bebsss~ Biasanya orang manggil aku Maya. Tapi karena jaman sekarang orang suka nyingkat-nyingkat nama orang (padahal nama eke udah cuma 2 suku kata aja lho), akhirnya ya udah panggil aja aku Mae. Dipanggil Mae aku pasti noleh kok :3 Saat ini aku tinggal di Jogja dan udah di kota pelajar ini sekitar 11 tahun. Yup, aku pindah dari Kalimantan ke Jogja sejak SMA. Sejak itu aku nggak pernah ninggalin Jogja lebih dari 6 bulan. Cinta banget 'kan sama kota ini hoho~ Aku mulai suka make-up sejak SMA karena pengaruh teman-teman. Sekolahku dulu cewek semua (bisa ditebak 'kan yang mana wkwkwk) dan ditambah aku tinggal di asrama. Sejak itu muncul benih-benih pengetahuan perdandananku *angelic SFX* tapi ya namanya anak SMA t

Makeup buat Online Meeting

Hello bebz! Semoga sehat selalu ya~ Masih di edisi WFH, di blogpost kali ini aku mau bahas sesuai dengan judulnya :3 Walaupun kangen sama kantor, tapi kegiatan tatap muka belom bisa terlaksana seenggaknya sampe Oktober. Kemarin sih aku sempet dapet jadwal piket ngantor, tapi belom bisa diaktifkan mengingat kondisi juga masih kayak gini. Jadi, mau gak mau harus mau kalo meeting lewat berbagai aplikasi online meeting .  Tapi, walaupun gak tatap muka langsung, buat online meeting juga tetep dandan donk. Biar gak dikira belom mandi :p hahahahaa Menurutku pribadi sih dandan itu lebih ke menghormati yang mengundang. Dengan tampil rapi & cantik, kelihatanlah niat kita buat memenuhi undangan.  Selama beberapa kali ikut online meeting , aku selalu dandan agak "tebal" daripada biasanya karena kalo aku gak dandan kelihatan kucel (wkwkwk), tapi kalo dandan tipis aja, mukaku di layar handphone atau laptop kelihatan nggak berkontur dan pucet. Nah bingung kan? Jadi, untuk on

Beauty Blender for Beginner + review dikit

sumber: fimela.com Beauty blender , siapakah kamu?? Jaman sekarang aku rasa semua make-up enthusiast baik yang pemula maupun yang udah jago tingkat nasional udah nggak asing sama benda imut nan krusial ini. Hampir semua (hampir lho ya) mbak-mbak cantik di video tutorial dandan menggunakan beauty blender untuk meratakan foundation, concealer, dan/atau color corrector . Tapi, mesti masih ada misteri-misteri tentang si kecil ini yang belom terungkap *SFX horor* Oke deh kalau begitu biar gak kelamaan, di tulisan yang semoga berguna ini aku mau berbagi pengetahuan dan eksplorasiku terhadap beauty blender . Pertama-tama, marilah kita panjatkan syukur ke hadirat Tuhan beauty blender itu sebenernya nama perusahaan yang memproduksi spons sebagai aplikator make-up . Namanya ya sama, tapi ditulis tanpa spasi. Jadi, namanya ialah: beautyblender . Karena nge- hype dan mendapat respons yang positif, beberapa brand kemudian memproduksi spons ini dengan variasi mereka sendiri. Nah, karena na